Cara Terbaik Mengatasi Smartphone Android Lemot/Lambat

Selamat sore sobat SALIDERs, tahukah sobat, bahwa saat ini smartphone android merupakan smartphone yang paling banyak di gunakan dunia, smartphone android di pakai hampir dari semua kalangan, akan tetapi seiring pengguna smartphone android banyak juga yang mengalami keluhan smarthone android terasa lemot/ lambat, dan apakah smatphone android sobat lemot ketika main game?, apakah smartphone android sobat sering lag loading tidak selesai?, apakah sobat ingin smartphone android sobat cepat lagi seperti android baru?, jika smartphone sobat mengalami beberapa hal di atas, sekarang sobat tidak usah khawatir karena saliders kali ini akan menjelaskan beberapa cara untuk mengatasinya.

Tidak bisa di pungkiri smartphone android yang lemot dan lambat ataupun kurang responsif akan membuat para penggunanya jadi kurang nyaman saat menggunkannya, smartphone android biasanya akan terasa lelet atau lambat seiring dengan berjalannya waktu karena semua hp yang memiki os atau sistem operasi yang di gunakan secara terus-menerus akan menbuat file sampah dan apabila di biarakan smartphone android jadi lumayan lemot, padahal pada awalnya nyaman-nyaman saja saat di pakai atau di gunakan tapi lama-kelamaan rasanya bisa menjadi lebih berat saat menjalankan aplikasi ataupun game.

Lalu bagaimana cara mengatasi smartphone android yang lemot?

1. Matikan widget yang tidak perlu
Widget adalah icon atau shortcut yang menampilakan informasi dari aplikasi yang bekerja terus menerus atau biasanya di sebut dengan istilh realtime pada bagian homesrcreen di android, dan jika smarphone android sobat terlalu banyak widget di homescreen akan membuat smartphone android jadi lambat dan lelet, selain itu juga akan memakan baterai dan kuota internet sobat akan lebih epat berkurang karena kebanyakan widget membutuhkan koneksi internet.

2. Matikan animasi di smartphone android
Mematikan fitur visual atau animasi di smartphone android merupakan salah satu pilihan tepat dalam mengatasi persoalan android yang lelet, jika sobat menggunakan smartphone android kelas menegah ke bawah saya saankan untuk mematikan semua jenis animasi, seperti live walpaper, ataupun transisi antar menu/saat buka menu, Auto-rotate srcreen. untuk sobat yang ingin mematikan semua animasi yag ada, sobat bisa lakukan dengan buka Setting>Display.

3.Tutup aplikasi yang tidak di gunakan
Menutup aplikasi yang berjalan di background bisa sobat lakukan dengan mudah dengan cara menekan dan takan beberapa detik tombol Home maka akan muncul aplikasi yang sedang berjalan, sobat bisa menutup aplikasi yang berjalan di android dengan mengeser aplikasi yang aktif ke kiri atau pun ke kanan. dengan meutup aplikasi yang tidak di gunakan akan mengurangi penggunaan memory Ram dan saat menjalankan aplikasi bisa lebih lancar.

4. Hapus Cache atau file sampah secara berkala
Ketika sobah menggunakan aplikasi, smartphone android akan menghasilkan cache, cache adalah penyimpanan memori yang bersifat sementara dan cache akan terus bertambah dan memenuhi memory di smartphone android jika sobat tidak membersihkannya dan berakibat pada kinerja smartphone android jadi lelet dan lemot, sobat bisa menghapus cache atau file sampah dengan aplikasi seperti History eraser, atau Clean master dan lain sebagainnya.

5. Hapus aplikasi yang tidak perlu
Kebanyakan aplikasi yang terpasang di smartphone android sobat akan membebani memory dan kinerja smartphone android sobat jadi semakin berat dan lambat, jadi saya sarankan jika sobat tidak inggin smarthone sobat jadi lemot langkah yang harus di tempuh adalah dengan menghapus aplikasi-aplikasi yang menurut sobat kurang perlu atau tidak pernah terpakai, dan jangan memasang aplikasi yang tidak penting.

6. Jangan menggunakan mode Auto Brightness
Pengguna auto brightness memang sangat berguna dalam mengatur cahaya di smartphone android secara otomatis menyesuaikan cahaya yang di terima dari keadaan di sekitar sobat, tapi tahukah sobat bahwa fitur auto brightness ini bisa membuat android sobat jadi lambat dan memakan tenaga lumayan banyak.

7. Matikan fitur auto update apps
Auto update apps memang sangat berguna dalam memperbahaui aplikasi tanpa harus melakukannya secara manual, akan tetapi fitur auto update apps juga akan membebani kinerja android sobat, karean semisal sobat sedang melalukan chatting atau bowsing dan tiba-tiba google play melakukan update aplikasi secara otomatis, maka proses chatting atau browsing yang sedang sobat lakukan akan berjalan secara tidak maksimal karena proses yang di lakukan smartphone android sobat terlalu banyak, untuk sobat yang ingin mematikan auto update aplikasi bisa di lakukan dengan membukan setting di google play.

Penutup
Demikianlah cara terbaik dalam mengatsi smartphone android lemot/lambat, tips cara mengatsi android yang lelet, cara mengatsi android lemot, kumpulan cara mengatsi android yang lemot, cara mengatasi android lemot tanpa aplikasi, cara mengatsi hp samsung galaxy lemot, cara mengatasi hp nokia lemot, cara mengatasi smartfreen andromax lemot, cara mengatasi hp oppo lemot, cara mengatasi xperia lemot, cara mengatasi lenovo lemot, solusi andoid yang lemot, memaksimalkan android yang lemot, solusi ponsel android yang lemot, cara membuat android jadi responsif dan mudah-mudahan apa yang saliders tulis bisa membantu sobat dalam mengatasi android yang lelet dan lemot.

Kurang lebihnya bisa di sampaikan di komentar, Terima kasih.

2 Responses to "Cara Terbaik Mengatasi Smartphone Android Lemot/Lambat"

  1. Untuk mengatasi Android lemot dapat dilakukan dengan banyak cara salah satunya seperti mematikan animasi, mematikan wdget yang tidak diperlukan, dan banyak lagi. Membantu sekali gan untuk informasinya mengenai cara terbaik dalam mengatasi smartphone lemot.

    ReplyDelete
  2. Masih juga lemot gan saat bermain games. Saya pake hp xiomi hm 1s

    ReplyDelete

1. Silahkan tinggalkan komentar yang sopan dan sesuai dengan pembahasan.
2. Jangan pernah meninggalkan komentar yang mengandung Link aktif.