Cara Paling Ampuh Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti di Android "FORCE CLOSE"

Selamat malam sobat saliders, pada kesempatan ini saya mau berbagi tutorial atau tips mengatasi aplikasi android yang tidak merespon tiba-tiba meminta di tutup dan yang sering berhenti secara otomatis atau sobat biasanya force close, bagi sobat para pencinta smartphone android yang sukanya coba-coba aplikasi yang unik-unik sampai yang aneh-aneh saya yakin sobat pernah mengalami aplikasi yang berhenti dengan sendirinya atau force close tersebut, sebelum sobat ingin mengatasi masalah yang smartphone android yang sering force close sobat perlu mengatahui apa saja yang menyebabkannya.


Lalu apa penyebab FORCE CLOSE di Android?
  • Aplikasi yang sobat gunakan mungkin dalam beta atau uji coba.
  • Cpu dan ram kurangi mumpuni untuk menjalankan aplikasi tersebut, kalau pun itu aplikasi yang sobat gunakan lumayan ringan, mungkin sudah terlalu banyak aplikasi yang berjalan di balik layar "backgraund" dan hal tersebut menyebabkan ram di android sobat jadi penuh dan tidak bisa membuka aplikasi lain lagi.
  • Data dari aplikasi yang bersakutan belum lengkap dan masih di perlukan pembaharuan.
  • Konfigurasi yang salah sehingga menumpunya file-file sampah Dalvik data cache atau biasanya lebih di kenal dengan nama Temporaly file.
  • Aplikasi kurang begitu kampetibel atau gak cocok dengan android sobat.
  • Sistem kernel yang mengalami kesalahan dalam mengeksekusi atau menjalankan program.
  • Koneksi internet yang tiba-tiba terputus hal ini menyebabkan di beberapa aplikasi yang membutukan koneksi internet seperti game online, streaming ataupun aplikasi chatting.
  • Masalah hardware yang kurang mendukung.
setelah sobat mengetetahui berbagi hal yang bisa menyebabkan aplikasi di android tertutup dengan sendirinya selanjutnya tinggal cara mengatasinya.

Lalu bagaimana cara mengatasi android yang sering FORCE CLOSE ?

1. Cobalah untuk melakukan restart atau reboot.
  • maksudnya matikan smartphone android sobat kemudian nyalakan kembali, usahakan sobat melakukan restart atau reboot minimal sehari sekali, kenapa saya sarankan begitu? karena smartphone berbeda dengan fiture phone, di smartphone android biasanya aplikasi yang habis sobat gunakan kemudian sudah keluarkan sebenarnaya masa aktif dan membebani memory RAM, kalau sobat tidak percaya coba lihat dengan aplikasi taks manager seperti killme atau yang lainnya.
2. Lakukan Force stop, Clear data dan Clear cache secara menual.
  • Caranya sobat buka setting 
  • kemudian pilih Manager applications
  • kemudian cari dan pilih aplikasi yang sering mengalami force close
  • kemudian klik Force stop lalu klik Claer data nanti ada notifikasi atau peringatan tekan saja ok, terakhir geses ke bawah kemudian Clear cache.
3. Instal ulang aplikasi yang sering mengalami force close
  • Maksudnya sobat hapus dulu aplikasi sering berhenti dengan sendirinya kemudian pasang lagi aplikasi tersebut.
4. Lakukan Update aplikasi yang sering force close.

5. Download data aplikasi atau game secara langsung dari aplikasi yang bersangkutan.
  • Maksudnya sering kali sobat kalau download game mendownload secara manual kemudian memasukan data game misal data Obb secara manual pula, sering kali di situ datanya tidak sesuai dengan aplikasinya, jadi usahakan untuk mengisi datanya sobat mengunduhnya secara online atau langsung dari aplikasi yang bersangkutan.
6. Memastikan koneksi internet lancar ( untuk aplikasi yang butuh koneksi internet).
  • Untuk melihat koneksi berjalan secara lancar atau tidak sobat bisa gunakan aplikasi seperti "Network speed" ataupun "Networt monitor mini" sobat bisa cari dan unduh di Google play.
7. Upgrade OS Android sobat ke versi terbaru yang tersedia untuk smartphone android sobat.
  • Melakukan upgrade os ke versi yang lebih baru akan membuat lebih stabil dan juga menimalisir seringnya crash atau force close pada aplikasi.
Penutup
Demikianlah cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di android, cara terbaru mengatasi aplikasi yang sering berhenti paksa di android, kumpulan tipsa cara mengatsi force close di android, kenapa androis sering force close?, cara paling ampuh mengatasi force close di android 2015, cara mengatasi aplikasi force close di android Gingerbread, cara mengatasi aplikasi force close di android Honeycomb, cara mengatasi aplikasi force close di android Ice cream sandwich, cara mengatasi aplikasi force close di android jelly bean, cara mengatasi aplikasi force close di android Kitkat, cara mengatasi aplikasi force close di android Lolipop. mudah-mudahan apa yang saya tulis bisa membantu sobat dalam mengatasi aplikasi android yang sering force close.

Kurang lebihnya bisa di sampaikan di komentar, Terima kasih.








69 Responses to "Cara Paling Ampuh Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti di Android "FORCE CLOSE""

  1. Kalau ninja heroes gimanaya??? "Sayangnya Ninja Heroes Telah Berhenti" karena lucky patcher cara mengatasinya gimana??.. balas di email ku aja bestuana@gmail.com

    ReplyDelete
  2. kalo sayang adobe air / measure gmna tuh gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gg ada cara lain kecuali flashing, kalo cm wipe.. gg bakal berhasil

      Delete
  3. Tidak bisa bka menu aja g bisa... apa yg harus d lakukan??

    ReplyDelete
  4. Mhon petunjuknya gan... Dah pusing aku hadapi msalah ini...

    ReplyDelete
  5. Kalau buat aplikasi atau game yg download di play stor gk peron force close...tapi kalau sya download di Google di situs.. game mod apk...kadang pas bisa masuk tapi juga ada game yg force close (game terhenti)itu kenapa ya..tolong yg pernah ngalamin atau yg tau terus harus gimana..rata2 game mod apk yg tforce close game dari gameloft .

    ReplyDelete
  6. Kak kalau pengaturan androidnya yang ga bisa dibuka gmn? saat dibuka cuma blank hitam kemudian keluar sendiri. mohon bantuannya karena kalo pengaturannya ga bisa bluetooth sm wifi jg otomatis jadi gabisa diatur.

    makasih.

    ReplyDelete
  7. Nanya nih gan kalau kita mendownload data aplikasi itu bkn nya mengakibatkan smarphone bervirus

    ReplyDelete
  8. Gan kalo kamera telepon pengaturan dan semua aplikasi ga bsa dibuka ada solusinya ga gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba flash/install ulang??? Kalau belum juga berati cacad produksi

      Delete
  9. Gan kalo kamera telepon pengaturan dan semua aplikasi ga bsa dibuka ada solusinya ga gan?

    ReplyDelete
  10. gimana gan, punya gue nggak bisa pas mau masuk pengaturan keamanan sayangnya pengaturan telah berheti,soalnya aku mau centang sumber yang tidak dikenal mlah nggak bisa mas, solusinya gimana mas???

    ReplyDelete
  11. siipp gan (y)



    Akses Ssekarang www.serbabayar.com Sobat Bisa Isi Pulsa , Token PLN , maupun Bayar BPJS Secara Online Mudah , Murah dan Terpercaya. www.serbabayar.com Support Pembayaran Menggunakan Kartu Kredit Buka 24 Jam. Beli Online Itu Gak Ribet di serbabayar.com

    ReplyDelete
  12. samsung galaxy note4 , hampir semua aplikasi force close dan langsung mati ..
    solusinya gimana gan? mohon bantuannya ..

    ReplyDelete
  13. Saya pengguna Asus Zenfone 4. Hampir semua aplikasi force close dan bahkan, samapai2 ada peringatan "sayangnya ASUS launcher telah berhenti". Itu kenapa Gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saya pengguna zenfone 5...masalahnya sama..pusing juga nh!

      Delete
    2. Sama saya pengguna zenfone 5...masalahnya sama..pusing juga nh!

      Delete
    3. Sama gan, saya pakai asus zenfone c.Hampir semua aplikasi forse close, di restart gak ngaruh. Akhirnya saya balikin ke pengaturan pabrik dan asus kembali normal.

      Delete
    4. Sama gan, saya pengguna asus zenfone c, hampir semua aplikasi forse close, terus saya restart tp gk ngaruh. Akhirnya saya balikin ke pengaturan pabrik dan asus kembali normal

      Delete
    5. Iya bener, saya juga pake zenfone 4

      Delete
    6. tombol power + volume atas , pilih kebalikan ke babrik

      Delete
  14. Gan...hp saya aplikasi bawaan google berhenti smua....Force close trus...mau kembali ke data pabrik gabisa²...hp saya evercoss a7a ..mohon bantuannya gan...waktu sblum d root pake kingroot hp ga pernah gitu gan...apa karna ga kompatibel rootnya gan?..plis jawab gan

    ReplyDelete
  15. Setau saya ponsel android yang sering force close adalah ponsel cina, mungkin itulah sebab dari harga dan brand. Ponsel saya selama ini baik baik saja, saya coba masuk ke dini karena tablet anak saya sering force close.

    ReplyDelete
  16. Setau saya ponsel android yang sering force close adalah ponsel cina, mungkin itulah sebab dari harga dan brand. Ponsel saya selama ini baik baik saja, saya coba masuk ke dini karena tablet anak saya sering force close.

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  18. Minta solusi nih gan, kenapa pas saya mau klik tambah APN baru selalu muncul tulisan "sayangnya setelan telah berhenti" mohon dibantu solusinya gan
    Thanks

    ReplyDelete
  19. ya nih gan baru hidup eh udah diserang aja sama kata2 sayangnya aplikasi telah behenti..... semanya malahan, jadi tu hp sama sekali gak bisa dipake

    apa solusinya gan

    ReplyDelete
  20. Untuk aplikasi berhnti itu adalah force close.bisa di hapus chachenya atau restart.lbih bagus lgi di hapus aplikasinya lalu download ulang.
    Jika yg brhnti sampe launchernya bahkan terus menerus seperti itu silahkan di rebort ulang.atau bisa dengan download aplikasinya.cz hp saya juga pernah kaya gitu.sekarang udh ga kaget lgi gan.
    Jika pertanyaan berlanjut hubungi google..hehe

    ReplyDelete
  21. ko buka menu aja ga bisa gan gimana gan ?

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  23. Bang android saya selalu force close waktu buka google play game .. Saya dudah ngreboot gak bisa,sudah saya restart pengaturan pabrik ga bisa,sudah saya flas ke teman saya tetap tidak bisa.. Android saya advan s5j+ baru beli .belum ada satu bulan.. Kok kayak gini.. Emang salah saya apa bang? Masaallah susah banget hidup gwe!!!

    ReplyDelete
  24. Saya punya lenovo.mas mucul smua kyak gitu aplkasi telah. Berhenti gt z smua aplikasi d bilang gtu,, udh d flash gk mw jg,,gmana solusi nya. Min?? Mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  26. Thanks gan, sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  27. terima kasih sangat membantu bagi saya

    ReplyDelete
  28. Giman nih HP Samsung saya aplikasiya sering terhenti. Tolng ksh solusiya

    ReplyDelete
  29. Kak mau tanya kan hp saya asus ,nah saya perbarui aplikasi bawaannya setelah saya perbarui apk kontak,perpesanan malah terhenti .. saya sudah reboot dan kembali ke stelan pabrik tapi tetap terhenti jika saya pakai apk nya-_- mohon bantuanya thanks

    ReplyDelete
  30. Kak mau tanya ,saya pernah perbarui apk bawaan dari asusnya seperti kontak dan perpesanan ,setelah diperbarui apk tersebut selalu terhenti ..
    Saya sudah coba clear data dll ,sampai saya kembalikan ke stelan pabrik tapi tetap tidak ada perubahan .. Mohon bantuannya thanks :)

    ReplyDelete
  31. kak kenapa ya hpnya kok layanan aplikasi berhenti mulu udah saya restart segla cara yg seperti di atas tpi tetap saja

    ReplyDelete
  32. Klo hot pursuit gmana gan..padahal data udah lengkap dan internet terhubung

    ReplyDelete
  33. Gan kalo di clear data otomatis datanya kehapus dong ? Line saya fc mulu... Kalo di set ke pengaturan pabrik kira2 datanya bakal hilang juga gak ?

    ReplyDelete
  34. kemarin saya main game lancar , besoknya force close terus. knp ya?

    ReplyDelete
  35. maaf gan tablet sy advan e1c,muncul pesan sayangnya happy music sudah berhenti,walau sdh di factory reset tetep muncul lagi,gimana???

    ReplyDelete
  36. Nah min...kalo masalah di android seting nya terhenti...itu bagaimana cara mengatasi nya min...mohon pencerahan nya... trimakasih..

    ReplyDelete
  37. Triknya...........krennnnn......brwwwwwww
    SALAM TIMOR-LESTE

    ReplyDelete
  38. kalau masih tidak bisa saran saya sih flashing saja androidnya

    ReplyDelete
  39. gan saya baru download gta v tapi sayang langsung berhenti

    ReplyDelete
  40. Kalo "sayangnya Minecraft telah berhenti" gimana tuh solusinya

    ReplyDelete
  41. Itu hanya perlu pembaharuan launcer saja

    ReplyDelete
  42. Hp saya asus zenfon 5 kalo di restart lama sekali , terus kalo udh masuk ke tampilan utama pasti ada bacaan "sayangnya aplikasi telah berhenti", terus seperti itu bagimana cara memperbikinya gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan smartphone kamu telah menggunakan firmware versi terbaru ya

      Delete
  43. Semalam tiba-tiba banyak aplikasi yg force close, saya kembalikan pada pengaturan pabrik. Eh malah ga bsa login pakai akun yg sebelumnya, instal aplikasipun juga yg terbaru tetep force close. Ada solusinya kah? Plis help.

    ReplyDelete
  44. mau melakukan tahapan diatas seperti matikan aplikasi trus masuk menu setting tidak bisa semua kalau sdh muncul peringatan ini, gmn solusinya ya mas?

    ReplyDelete
  45. Sudah diupgrade OS androidnya, tp kok masih tetap force close yah, bisa kasih sarannya ???

    ReplyDelete
  46. Tab movimax P6, setiap buka tampilannya selalu “sayangnya, user system framework By Apus telah berhenti” . Ada piliha “oke” tapi setelah diklik oke tetap tidak bisa dan akan kembali ke tulisan yg sama. Sudah dibawa ke tukang service tapi semuanya bilang tdk bisa angkat tangan semua. Barangkali ada yg bisa pernah ngalamin. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. hal tersebut dikarenakan kerusakan systemUI dari Apus Launcher. Solusinya, coba lakukan Factory Reset agar systemUI kembali ke mode aslinya. Terimakasih semoga membantu

      Delete
  47. Gan kalo minecraft pocket edition versi 0,17,02 gimana gan terima kasih tolong diberi kabar

    ReplyDelete
  48. Saya bermain game Marvel future Fight sering saya download ia mesti keluar malangnya Marvel future Fight anda telah berhenti reply kat Gmail saya

    firdausrozi00@gmail.com

    ReplyDelete
  49. gan makasih infonya.. kalo saya udah reset factory,, aplikasi cuma 2 :clean master dan 321 home player . tapi masih sering force close., trus sering restart sendiri . ada solusi nya gan?

    ReplyDelete

1. Silahkan tinggalkan komentar yang sopan dan sesuai dengan pembahasan.
2. Jangan pernah meninggalkan komentar yang mengandung Link aktif.