Cara Mengatasi Layar Android Yang Beroperasi Sendiri (Ghost Touch)

Selamat malam sobat saliders, sekarang saya mau berbagi tips cara mengtasi layar smartphone android yang sering gerak-gerak sendiri, mencet-mencet sendiri padahal sobat tidak menyentuh nya, layar smartphone android yang sering beroperasi sendiri biasanya di sebut juga dengan nama Ghost Touch, keren ya namanya ghost touch, ghost artinya hantu, touch artinya menyentuh, berarti kalau di gabungin jadi Hantu menyentuh haha,

Pertama kali smartphone android saya mengalami hal tersebut, pada awalnya saya berfikir memang ada makhluk halus atau hantu yang menganggu dengan menyentuh layar smartphone android saya haha, tapi masa iya, berarti itu hantu modern banget ya mencetin layar hp android? sudah nggak usah di pikirkan masalah hantunya.

Ghost touch ini terjadi tidak hanya di smartphone android merek- merek locak yang kurang terkenal tetapi terjadi juga di beberapa merek terkenal, kebanyakan smartphone android menggunakan tipe layar kapasitif maka ketika terjadi masalah ghost touch atau kurang responsif banyak yang mengira itu terjadi karena kerusakan layar atau LCD, bahka di beberapa grup atau forum ada yang menyarankan untuk menganti layar lcd, akan tetapi permasalahan layar android yang sering gerak- gerak sendiri itu bukan secara pasti terjadi karena kerusakan lcd karena beberapa hal lain juga bisa menyebabkan hal tersebut, jadi apa saja penyebab ghost touch.

Cara mengatasi layar android yang beroperasi sendiri, SALIDERs

Apa saja yang bisa menyebabkan layar Android beroperasi sendiri/ghost touch dan bagaimana solusinya?

1. Kerusakan pada baterai ataupun baterai kehabisan daya
Karena kebanyakan ghost touch terjadi di saat-saat baterai di android mau habis, jadi solusinya segera isi kembali baterai smartphone sobat, akan tetapi bila di smartphone android sobat terjadi permasalan ghost touch di saat keadaan isi baterai masih banyak, dan lihatlah apakah baterai sobat melembung?, maka solusinya gantilah baterai dengan yang baru.
 2. Kerusakan pada Charger
Karena ada juga yang mengalami layar smartphone androidnya gerak-gerak sendiri di saat melakukan charger hal ini biasanya terjadi karena sobat menggunakan charger yang tidak ori atau asli bawaan hp, kalaupun itu charger ori berarti chargernya memangsudah tidak layak lagi untuk di gunakan, solusinya beli charger baru usahakan yang ori.
3.  Kondisi layar yang sedang panas
Layar touchscreen memiliki batas toleransi panas agar bekerja secara normal, biasanya di luar smartphone sobat terasa agak panas, tetapi di dalam panas sekali, solusinya hentikan pemakaian beberapa saat agar suhu kembali normal, atau cara lain yang tidak saya anjurkan adalah dengan memasang spreader tambahan dari tembaga di bagian dalam casing hal tersebut untuk meredam panas.
4. Kerusakan pada layar/LCD
Ada juga layar androidnya loncat-loncat sendiri, karena kenak air atau kehujanan, karena hanya hp-hp yang tahan air saja yang bisa bertahan saat kehujanan, solusinya ganti lcd atau touchscreen.
5. Kondisi pelindung layar/Screen Guard/Screen Protektor yang kotor
Solusinya lepaskam pelindung layar kemudian bersikan layar dan ganti pelindung layar dengan yang baru.
6. Cpu dan Ram bekerja secara berlebihan.
Solusinya kurangi multitasking, maksudnya jangan kebanyakan membuka aplikasi secara berlebihan di smartphone sobat, hal tersebut membuat performa jadi tidak stabil dan mengakibatkan ghost touch.
7. Bugs pada Rom/software
Solusinya Upgrade romnya ke yang terbaru dan lebih stabil dan pastinya yang sesuai dengan smartphone sobat atau bisa juga dengan mencoba dulu factory data reset.

Penutup
Demikianlah cara terbaik dalam mengatasi layar android yang sering beroperasi sendiri 2015, Cara mengatasi layar android yang eror terbaru, cara mengatasi layar android yang suka mencet sendiri, cara mengatasi layar android yang loncat-loncat sendiri, penyebab layar gerak sendiri di android, how to fix ghost touch, cara mengatasi touchscreen android error, cara memperbaiki layar sentuh android error, kenapa layar touchsreen android bergerak sendiri?, cara mengatasi layar gerak sendiri di hp andromax, cara mengatasi layar gerak sendiri di hp samsung galaxi, cara mengatasi layar gerak sendiri di hp xperia, cara mengatasi layar gerak sendiri di hp advan, cara mengatasi layar gerak sendiri di hp huawei s7, cara mengatasi layar gerak sendiri di hp mito, cara mengatasi layar gerak sendiri di hp oppo, cara mengatasi layar gerak sendiri di hp evercoss, cara mengatasi layar gerak sendiri di tablet dan mudah-mudahan apa yang saya tulis bisa membatu sobat dalam mengatasi layar android yng bermasalah.

Kurang lebihnya bisa di sampaikan di komentar, Terima kasih.


63 Responses to "Cara Mengatasi Layar Android Yang Beroperasi Sendiri (Ghost Touch)"

  1. Gan,Hp saya Baru beli kok udah kena "GhostTouch"itu Knp Ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan pertama, hp sobat memang mengalami beberapa kerusakan seperti dalam artikel di atas, atau pun itu memang bug dari rom/software yang di gunakan, sobat bisa melakukan upgrade ke yang lebih baru, karena biasanya ada perbaikan bug semacam itu.

      saya sarankan kalau masih ada garansi, segera bawah ke pihak yang bersangkutan supaya segera di tangani.

      Delete
    2. Klo hp saya .. tombol back nya .. suka berjalan sendiri .. tiap kali buka aplikasi atau lg browsing .. suka kluar sndiri ..

      Itu gmna cara bnrin nya ?? .. hp saya samsung galaxy grand prime ..

      Delete
    3. Punya ane juga sama gan awalnya suka back sendiri ko sekarang malah backnya nga berfungsi...solusinya dong min

      Delete
    4. Sama,punya gue juga tombol backnya beroperasi sendiri,semenjak ganti ts yg baru , kadang normal kadang error , padahal udah di hard reset . tolong bantu infonya gan

      Delete
    5. Hp apa gan ... Kemungkinan system Os nya udah down coba di Upgrade lewat pembaharuan system di pengaturan. Jika ditemukan system baru instal saja .semoga berhasil

      Delete
  2. min nggak ada cara lain buat ganti lcd yg rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lcd memang sudah rusak atau pun masih terlihat baik tapi di beberapa bagian tidak berfungsi solusi paling baik ya harus ganti lcd gan.

      Delete
  3. Terimakasih informasinya. tambah lagi gan infonya

    visit : http://www.rajalistrik.com

    ReplyDelete
  4. gan punya ane kok gejala bgituan kalo hbs di lockscreen kumat gan gimana solusinya

    ReplyDelete
  5. Min ane punya lg g2 mini nih layarnya kadang gitu kira kira dari mananya ya yang rusak ?

    ReplyDelete
  6. Min samsung wonder saya kl paket datanya dihidupin cursornya mulai main kesana-kesini, tp kl paket datanya dimatiin penyakitnya ilang.itu apanya yg bermasalah kira2..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. custom rom nya gan. saya mengalami masalab yang sama. setelah di teliti ternyata di signal edge (E) layarnya nyentuh2 sendiri. tapi pas di 3g jalan lancar. coba aja cara saya

      Delete
    2. jadi solusinya gimana bang jopie ?
      saya juga kebetulan satu kasus sama abng hehe

      Delete
  7. Gan kalo d cars ngak keluar ghost touch,kalo sudah selesai d cars.sudah keluar ghost touch.udah d estate kembali pengaturan awal.udah d diperbaharui software nya masih ttep...hp nya asus fonepad 7 e717cg,mohon bantuannya ya gan

    ReplyDelete
  8. Gan mo tanya,,,, klo tcnya klo pke pen normal,,, tpi klo pke jari kdang respon kdang ngga knpa ya? Punya ku note 10.1 gt n-8000

    ReplyDelete
  9. sma thu agan zaenul...punya ane jg gto...pusaka ane fonepad 171 cg..klo d carge gosh touch ilang...tp klo dcabut...hantunya dateng.....gmna thu solusinya...klo da yg tau mhon d share donk.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama gan.. punya ane juga gitu .. sama2 fonepad 171 cg.. gimana solusinya ???

      Delete
    2. Iya gan, fonepad 171 punya ane jg gitu, klo dicharge hantunya pergi, klo lepas charger dateng lg hantunya, sampe kmana2 pake powerbank biar layar bisa berfungsi normal, tolong solusinya dong, makasih...

      Delete
    3. leh sama...punya saya juga. gimana tuh ternyata?

      Delete
  10. Tolong gan hp saya kalo lagi panas tiba tiba nge hang trus mati sendiri dan pas di hidupin susah hidup nya itu solusinya gimana?.

    ReplyDelete
  11. Hp ane selalu mencet mencet se diri gan trus sering erorr solusinya gimana gan ??.

    ReplyDelete
  12. Solusinya gan .. please ??????

    ReplyDelete
  13. Gan ko hh saya Klo nyalain data Mati sendiri Kadang ada Tulisa Android.core Tidak menanggapi tulisan itu juga muncul kalo saya buka apk Knp ya gan Minta bantuannya ??...

    ReplyDelete
  14. Punya saya Sony z ultra lari lari sendiri layarnya..

    ReplyDelete
  15. Punya saya Sony z ultra lari lari sendiri layarnya..

    ReplyDelete
  16. Iphone 5s punya saya juga suka gerak2 sendiri touchscreen nya. Udah parah banget lah hp saya. Kadang saya gk mencet eh malah hp nya mencet sendiri, trus kadang giliran dipencet malah gk mau. Hadeuh bingung. Kalo ganti lcd pasti mahal. Gimana ya solusinya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punya saya iphone 5s juga gitu, gimana solusinya mas???

      Delete
  17. Tips Yang sangat Bagus dan Terimakasih atas Tips Nya den ,sangat membantu ni ,Terimakasih banyak.

    Oh ya den Bagaimana Ya solusi android tidak bisa download di playstore " Ane lg ngalami Itu dan ane coba share belum dapet solusinya TERIMAKASIH "

    Di tunggu balesannya " Di Google Apk Center

    ReplyDelete
  18. Layar samsung galaxy j5 saya sering hidup dan menyala sendiri walaupun dalam keadaan layar terkunci. Saya kira krna baterai lemah atau s7hu trlalu panas , tapi setelah baterai penuh dan suhu normal pun masih tetap sperti itu.. saya jugaa sudah melakukan Factory data reset sesuai sayaran yg saya baca pd sbuah artikel... tapi tetap saja tidak normal kembali.. layar hp saya masih menyala dan mati sendiri dalam 2-3 detik sekali... mohon bantuan dan sarannya seperti aPa agar hp saya kmbali brfungsi scra normal

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan masalahnya ada pada hardware nya gan bukan pada software

      Delete
  19. min knapa ya hp aku galaxy core 2 klo di hdupin datanya pas edge hantunya dteng tpi klo 3g itu lancar jaya,,,please gmna ngtasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di cek di sytem updates, apakah ada update untuk bugs trsebut, jika tidak ada coba di factory reset sam

      Delete
  20. gan hp saya pas kehabisan batrei d'cs timbul sentuh ya kena mau kena tidak kenapa ya

    ReplyDelete
  21. numpang tanya, hp saya ko ghost touch ya aneh, padahal saya jarang download apa apa, padahal ruang saya masih banyak terus saya cum chat tlpon doang tapi ko srring ghost toch ya? kasih saran dong
    udah saya restart reebot dan restart ulang terus menerus malah tetep ghost touch mulu, padahal baru di aktifkan pliss minta sarannya trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan
      dah sembuh hp nya ?
      jika sudah, tolong kasih solusi nya

      Delete
  22. min, ak baru sebulan beli samsung galaxy J5, trus layarnya ketekan-tekan sendiri(ghost touch) ak ud garansiin kurang lebih 2 minggu.. tp setelah hpnya ud sampai, setelah aku pake 3 hari rusak kyk gitu lg min, layarnya msh ketekan-tekan sendiri. itu kenapa ya min? apa lcdnya yg rusak?

    ReplyDelete
  23. Gan BB Z3 saya kena Ghost touch, masalahnya apa ya??saat di cash juga gitu

    ReplyDelete
  24. saya baru ngalamin ghost touch, mana layar baru beli lagi hehehe, ya tapi ga apa apa, awal2 aja sekarang ga gitu sering, mungkin masih adaptasi layarnya hehehe

    ReplyDelete
  25. Gan kalo punya saya harus di lockscreen baru gost touch nya bisa ilang,tapi nggk lama dari itu saya pake lagi handphone nya ada lagi gost touch nya...itu kenapa ya? Mohon solusi dan penjelasan

    ReplyDelete
  26. hari HP anak saya ASUS mengalami hal yang sama, tombol gerak sendiri dan sulit dikendalikan, pertama saya pikir screen guardnya kotor, setelah saya bersihkan ternyata tetap saja, lalau screen guard saya lepas, untuk beberapa hari tidak muncul masalah , tetapi beberapa hari kemudian masalah timbul lagi dan sulit dikendalaikan. mumpung masih ada garansi hari saya coba langsung ke counter ASUS untuk melakukan pengecekan semoga berhasil

    ReplyDelete
  27. Asus fanepad 7 saya, saat dicas layar aman & normal sy gunakan,saat dicabut malah mencet2 sendiri....ada solusi ngak gan?

    ReplyDelete
  28. min hp saya tombol backnya nggak berfungsi lalu saya pakai aplikasi pengganti back button saya yg rusak tapi setelah itu backbutton nya beroperasi sendiri itu kenapa ya

    ReplyDelete
  29. bagaimana tablet asus klo sementara dicas normal tetapi klo sementara tdk di cas layarx goyang ato tertindis sendiri apa lcdx ato bukan...???

    ReplyDelete
  30. Sm halnya dgn hp sy bagian bwh/ bergerak2 sendiri. Sdh direset dikomputer conter mendingan. Reset manual sj blm cukup. Ada yg bilang jgn disimpan dikantong celana terutama levis bs mempengaruhi sensitif layar karena tertekan dlm kantong celana bila cukup sering. Setelah diperbaiki hp tuh, sy cb apakah benar ditaruh dikantong bs masalah.
    Suatu saat sy taroh itu hp dicelana levis dgn harapan tdk terjadi apa2.ey ternyata memang benar hp tsb setelah itu touch
    creennya bergerak2 sendiri. Akhirnya menyesal n diservis kembali. Duhhhh

    ReplyDelete
  31. Jgn disimpan disaku celana levis, karena itu bs mempengaruhi layarnya karena sering tertekan disaku celana.
    Itu jg terjadi di hp saya sekarang

    ReplyDelete
  32. tq gan infonya, ane coba praktekin dulu ya.

    ReplyDelete
  33. Kak, HP saya kadang ghost touch kadang engga. kok bisa ya? itu juga harus ganti layar?

    ReplyDelete
  34. tolong di balas dong.

    hp saya asus zenfone 2.
    hp saya ghost touch karena saya sering pakai USB OTG.

    apakah harus ganti baterai ?
    aku gak berani masukan hp ini ke bagian service, krn harganya gak sesuai..
    pengen cari tukang service yg baik susah zaman skrg, hp ku di suruh bermalam, tapi diminta 1 juta. aneh

    ReplyDelete
  35. Hp ane samsung g note 3.. layar bekerja sendirian... AWALNYA wifi error.. lalu saya factory riset.. tp setelah itu layar hp nya bekerja sendiri... mohonda solusi nya bos... trims

    ReplyDelete
  36. Hp saya kemarin habis ganti tc gan,tapi kenapa masih loncat" ya, padahal sebelum ganti tidak ada kendala

    ReplyDelete
  37. Min hp gua kmren kan rusak lcd trus sdh dibenerin min tpi gak lama sktr semnggu ghost touch muncul emang orng yg ganti touch screenya gak rata kyk kmren min cmn tombol back yg hidup cahayanya yg lain mati tpi msih fungsi tpe xiomi mi4i

    ReplyDelete
  38. min, tablet saya asus fonepad 7 FE171CG kasusnya sama kayak yang di atas. suka ghost touch sendiri tapi kalau lagi dicharge LCDnya lancar. Kemarin baru upgrade OS Android ke versi terbaru. Mohon solusinya.

    ReplyDelete
  39. Hp q jg sama, hp hisense f20 baru beli seminggu menunya qo ubah2 sendiri

    ReplyDelete
  40. Gak ada cara lain selain ganti baterai

    ReplyDelete
  41. Hp asus fe 171 cg sering loncat2 kyk kangguru kang..mohon pencerahan dunk.

    ReplyDelete
  42. Punya sy asus fonepad 7 fe 171 cg. Sering loncat2 kyk kangguru kang.mohon pencerahan dunk suhu

    ReplyDelete
  43. admin... ane sering lap hape pake tisu lembab, lalu dilap lagi pake tisu kering.
    dan touchscreen ane mencet sendiri juga, tapi cuma kadang-kadang aja.
    mungkinkah itu juga karena sering ane lap ?
    jadi harus ganti LCD kah ?

    ReplyDelete
  44. admin...
    hape ane masih baru skitar 4bulanan pake.
    masalahnya ane sering lap layar pake tisu lembab.
    tapi ghost touchnya cuma kadang-kadang.
    apakah air dari tisu tersebut juga bisa jadi penyebabnya ?

    ReplyDelete
  45. gankenapa ya hape aku asus zen2 bukan laser kok suka mencet mncet sendiri yaaa?itu masalah lcd atau touchscreen yaa?kalo kena lcd layarnya masih utuh keliatan hanya saaja suka mencet sendri

    solusinya apa ya gan?apalabila kena touchscreen biaayanya berapa ya gan?

    ReplyDelete
  46. Ane izin coment gan.. Semua permasalahan di Hp Touchscren jika touchscreen nya jalan sendiri.. Solusi dari ane nih yah . ada 3 macam


    1. Touchscreen yang memakai system IC. Kemungkinan IC/ resistor nya yang Udah rusak. Tidak bisa di perbaiki solusi ganti Touchscren yg baru

    2. Kemungkinan software nya terdapat Bug. Solusi instal ulang Flashing sesuai type Hp nya. Biasakan di Back Up dulu gan. Jika gak mempan Ganti touchscren yg baru.

    3 . Hardware/ software sudah dicek tetapi hasilnya tetep sama saja. Ya Ganti Hape nya aja gan eeeehheee


    Untuk HP versi 4.4.2 . all android yang suport Ke Pembaharuan . Coba Di cek Melalui Pembaharuan system. Ini udah Sukses di beberapa Android gan. Tanks!

    ReplyDelete

1. Silahkan tinggalkan komentar yang sopan dan sesuai dengan pembahasan.
2. Jangan pernah meninggalkan komentar yang mengandung Link aktif.