Cara Mudah Setting Nvidia Geforce Untuk Dapat Hasil Performa maupun Quality

Selamat malam sobat SALIDERs, kali ini saliders akan berbagi tutorial cara setting Nvidia control panel untuk mendapatkan hasil yang optimal maupun yang ingin yang performa gaming yang terbaik. untuk saat ini saya menggunakan leptop Asus A455LD tipe Nvidia geforce 820M, untuk tipe nvidia lain yang sobat pakai caranya sama saja.

Pada dasarnya leptop yang di peruntukkan untuk menjalankan grafis yang tinggi seperti game-game HD maupun pengolahan gambar itu di bekali dengan dua buah vga yakni vga internal atau bawaan dari intel "intel hd graphics dan vga eksternal Nvidia. 

Secara default leptop yang memiliki dua vga akan menggunakan memiliki vga secara otomatis "Auto select", jadi jangan heran ketika main game hd dan hasilnya kurang memuaskan bisa jadi yang bekerja saat itu vga internal "intel hd graphics". untuk sobat yang ingin mendapatkan kualitas grafis sobat bisa ubah ke nvidia.

Lalu bagaimana cara ubah intel hd graphics ke Nvidia?

Untuk merubahnya sobat bisa ikuti langkah berikut:
  1. Klik kanan pada destop kemudian pilih NVIDIA Control Panel.
  2. Pilih manager 3D setting.
  3. Langka berikutnya sobat ubah Preferred graphics processor dari Auto select ke High-performance Nvidia processor, untuk lebih jelas sobat bisa lihat gambar di bawah.

Cara setting Nvidia control panel agar mendapatkan performa maupun Quality.
  1. Sobat masuk ke NVIDIA Control panel.
  2. Pilih Adjust image setting with preview.
  3. Kemudian pilih Use my prepference empahasizing lalu sobat bisa ubah yang saya beri tanda panah ke kiri maupun ke kanan. Untuk mendapatkan gambar yang bagus sobah bisa geser ke kanan "quality" jika sobat ingin perform yang bagus sobat bisa geser ke kiri "performa" akan tetapi ketika sobat memilih performa kualitas gambar akan di kurangi dan bila sobat ingin keduanya seimbang antara kualiats gambar dengan performa sobat geser ke tengah "Balance"

Dan apabila sobat belum cukup puas dengan hasilnya sobat bisa setting di bagian manager 3D setting, saya akan jelaskan dan sobat bisa mengaturnya sesuai keinginan dan kebutuhan masing-masing.

Berikut penjelasan di Nvidia Control Panel:

1.Ambient Occlusion
  • Dalam bagian ini fungsinya mengatur tingkat detail gambar, jadi membuat bayangan / shadow jadi lebih bagus , kalau dalam game bagian ini di sebut SSAO, jadi kalau sobat ingin gambar dengan detail bagus bisa pilih quality tapi kalau vga sobat tidak terlalu tinggi dan supaya lancar dalam menagani game hd sobat bisa pilih off saja.
2.Anistropic Filtering
  • Fungsinya untuk mengatur semua tekstur dari 2D sampai yang 3D supaya terlihat lebih jelas kalau sobat pengen yang bagus pilih 16x tapi saran saya pilih Application-controlled.
3.Antialiasing -Mode
  • Fungsinya untuk menghaluskan efek 3D agar kelihatan lebih smooth, kalau vga sobat tergolong High-end sobat bisa pilih Enhance the application setting, namun bila vga sobat termasuk Low-on pilih saja off.
4.CUDA -GPUs
  • Fungsi nya saya kurang begitu faham dengan yang satu ini jadi pilih All saja.
5.Maximum pre -rendered frames
  • Fungsinya untuk mempersiapkan frame-frame yang berada di belakang yang sedang bekerja, biar lebih pas sobat pilih Use the 3D application setting saja.
6.Multi -display/mixed -GPU accelaration
  • Fungsinya untuk memberikan pilihan untuk menggunakan beberapa tampilan /display. jika sobat menggunakan satumonitor pilih Single Display Performance, bila lebih dari satu pilih multiple Display Performance, atau biar lebih lancar pilih Compatibility Performance Mode.
7.Power management mode
  • Fungsinya untuk mengatur gpu dalam penggunaan battery, jadi kalau sobat ingin grafik yang bagus terus pilih Prefer maximum performance tapi penggunaan battery akan jadi lebih boros, kalu yang ingin lebih irit di battery pilih Adaptive.
8.Tekstur Filtering -Anistropic Sample Optimisation
  • Fungsinya untuk menyaring tekstur biar tampak lebih bagus di bagian ini mending sobat setting ke ON saja, setting ke off apabila terjadi gangguan pada gambar saja.
9.Tekstur Filtering -Negatif LOD Bias
  • Fungsinya untuk mengatur ketajaman objek dalam game, sobat bisa setting ke Clamp agar mendapatkan gambar yang bagus, sobat pilih Allow bila gamenya terasa jadi berat.
10.Tekstur Filtering Quality
  • Opsi ini fungsinya hampir-hampir sama dengan di atas jadi agar lebih licah dalam bermain game sobat pilih performa saja.
11.Threaded Optimization
  • Fungsinya untuk memaksimalkan kinerja multithread dalam setiap game 3D. sekarang speck pc sudah pada multi-core jadi sebaiknya pilih on atau auto.
12.Triple Buffering
  • Pada bagian ini setting ke ON saja
13.Vertical Sync
  • Funsinya untuk menyamakan framerate game dengan refresh rate monitor, pada opsi ini bila sobat setting ke ON  maka gambar pada game berjalan dengan sangat halus, dan apabila di setting ke off game agan berjalan lebih cepat tapi pada gambar ada yang di lewati atau "skip" jadi misal kayak urutan nomor bila setting on jadi 1,2,3,4,5 dan apabila off jadi 1.3.5. saran saya sobat pilih on saja biar gambar semakin mantap.
Dari semua penjelasan di atas, terserah sobat mau gambar yang berkualiatas atau performa yang mantap dalam menjalankan setiap game 3D maupun HD, saran saya untuk performa yang super mantap sobat bisa samakan settinganya seperti gambar berikut.
Penutup.
Demikianlah cara mudah setting Nvidia control panel untuk mendapatkan hasil performa yang bagus, cara setting nvidia control panel untuk game terbaru, cara mengoptimalkan nvidia geforce 820M,cara setting nvidia geforce 940m,cara setting nvidia geforce 930m,cara setting nvidia geforce 920m, cara setting nvidia geforce 840m, cara setting nvidia geforce 830m,cara setting nvidia geforce 710m, cara setting nvidia geforce 610m.cara setting nvidia geforce GT 755m,cara setting nvidia geforce GT 750.cara mendapatkan qualitas gambar yang bagus di nvidia, cara mengaktifkan nvidia, cara setting nvidia control panel yang benar 2015, cara memaksimalkan nvidia grafik pada kontrol panel terUpdate, cara mengatasi lag game di nvidia, cara agar game hd lancar di nvidia, settingan terbaik nvidia untuk game berat, cara mudah ubah vga ntel hd ke nvidia, cara mengatasi vga nvidia yang tidak terdeteksi, cara setting vga nvidia 2015. cara mudah setting nvidia mudah-mudahan apa yang saya tulis bisa membantu sobat semua.

Kurang lebihnya bisa di sampaikan di komentar, Terima kasih.
 


41 Responses to "Cara Mudah Setting Nvidia Geforce Untuk Dapat Hasil Performa maupun Quality"

  1. Kok dirubah jadi pengaturan yg disana in diatas, pas nyesel video malah jadi terlalu terbang sih.. Pas mau dirubah balik ke pengaturan yang semula malah tetep aja ga berubah :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ingin menambahkan atau memberikan alternatif setingan lain yg bisa dicoba sekalian solusi masalah moya. oleh krn itu saya post di sini saja.
      1. off,
      3. semua yg berhub dg "antialiasing", app controlled. kalo ga ada option app-controlled maka di-off-kan,
      4. cuda = all,
      5. pilih angka satu
      6. multi display mixed gpu, ini maksudnya bukan multi monitor tapi multi "display adapters" atau graphics cards. jika komputer atau laptop anda memiliki multi graphics cards (intel graphics + nvidia graphics), udah pasti sangat bagus sekali jika option ini diberikan karena gpu keduanya saling bekerja sama memproses. akan tetapi, bagi aplikasi game jadul mungkin tidak bisa menerima proses multi grafik ini lalu hasilnya bisa ga bagus. kalo bagi game2 masa kini, they are built for new era for new technology bro..
      7. kalo anda menggunakan laptop, ini diset ke adaptive saja
      8. di-offkan-kan
      9. allow
      10. quality
      11. auto
      12. on
      lalu utk option settings grafik dalam aplikasi game, maksimalkan semua termasuk: vsync = on, antialiasing = yg paling tinggi, ambient occlusion = on ke kualitas paling tinggi dll paling tinggi.
      utk option2 lain dlm settings 3d nvidia yg tidak disebutkan di atas, biarkan defaultnya nvidia yg menentukan. jadi sebelum mulai diset spt di atas, semua settingsnya di-restore ke default dulu.
      utk nonton video dg settings di atas jg ga ada masalah, tapi biasanya aplikasi video itu sendiri menggunakan grafik saya yg intel bkn yg nvidia krn laptop saya punya dua graphics cards intel + nvidia.
      takut masalah nvidia overheating atau bahasa kampung kita meleduk? ini jawaban nvidia

      nvidia.custhelp.com/app/answers/detail/a_id/2752/~/nvidia-gpu-maximum-operating-temperature-and-overheating

      Delete
    2. ada yg kelupaan, anisotropic filtering = app controlled.

      Delete
    3. oya pasti ada yang heran kenapa settings nvidia spt di atas tp settings grafik dalam game maksimal atau high quality semua. mekanismenya kira2 seperti ini: biarkan aplikasi game yg kita mainkan mengeluarkan seluruhhh kemampuan maksimal kualitas grafisnya yg bergengsi, lalu beberapa option settings nvidia lah yg menekan sedikit kualitas grafik game tsb agar juga mendapatkan performa yang signifikan, makanya juga harus ada beberapa option dlm settings nvidia diset "app controlled" atau "use 3d app settings" dan berikan texture filteringnya quality oleh nvidia. option settings nvidia no 5 (diset ke angka 1), no 9 (diset ke allow), dan no 12 (on) merupakan option yg signifikan utk menekan agar mendapatkan performa yg signifikan. performa gaming yg dimaksudkan udah pasti "kelancaran tanpa lag/delay/spike" atau bahasa kampung kita tersendat sendat. mengenai vsync, option tsb bs ada dlm aplikasi game dan ada juga dalam option settings 3d nya nvidia. on kan salah satu jangan keduanya, krn kalo keduanya on bisa2 frame rates game anda jadi drop dg sangat drastis. teorinya, semakin besar frame rates suatu proses game semakin bagus pula kualitas grafik game tsb. akan tetapi, kita sudah pasti sekali memainkan game menggunakan monitor, dan monitor memiliki nilai refresh rate tertentu, kalo game dimainkan dalam keadaan full screen dan frame rates game lbh besar dr nilai refresh rate monitor maka akan menyebabkan monitor mendapatkan gambar/video mengalami "screen tearing" yaitu garis2 potong secara horizontal atau vertikal (paling umum horizontal). oleh krn itulah kalo monitor tdk mumpuni butuh vsync on. rata2 monitor kita hanya memiliki 60 Hz refresh rate, ini sbnrnya tidak termasuk monitor yg mumpuni alias monitor standarrr. jika vsync on maka triple buffering jg sebaiknya on krn efek samping vsync memberikan delay pd grafik krn grafik hrs menempuh proses sinkron dulu terhadap refresh rate monitor. triple buffering pun jg memiliki efek samping yaitu menyebabkan delay pd inputs response yaitu mouse keyboard dll, oleh krn itulah option no 5 di nvidia diset ke angka 1 krn kalo semakin kecil angkanya, delaynya semakin hilang. sekian

      Delete
  2. Kok dirubah jadi pengaturan yg disaranin diatas, pas nyetel video malah jadi terlalu terang sih.. Pas mau dirubah balik ke pengaturan yang semula, malah tetep aja ga berubaah.. Help pleaseee

    ReplyDelete
    Replies
    1. gini mba coba di defalt grafick cartnya tp yg di set display adjust dekstop color seting

      Delete
  3. Moya >> Manage 3D setting >> Restore ..

    Setting Untung Nonton Video Setting Adjust Image Aja Cukup Kok ..

    ReplyDelete
  4. Gan, saya sudah ubah manage 3d menjadi high perform, tapi setelah saya apply, tetap kembali ke auto... Itu gmna gan?

    ReplyDelete
  5. selamat sore,
    gan saya mau nanya
    ? saya punya laptop asus tapi nvda'a ga mau terbaca di saat mau maen games nvda'a ga mau kebaca
    nvda punya saya tipenya nvda 940 . caranya gimana ya biar terbaca?

    ReplyDelete
  6. gan punya saya asus a455l nvidia 820m (sama kaya agan) tapi waktu control panel nvidianya diubah nggak berhasil waktu lihat di dxdiag gak nambah ramnya, ada solusi?

    ReplyDelete
  7. Gan saya setelah selesau melakukan setting 3d dan apply, lalu menjalankan game saya dengan run as admin, namun settingan 3d nvidi@ nya selalu kembali ke awal. Karena saat menjalankan gam terjadi lag, dan saat exit gam lali di cek ke nvidia nya, settingan nya kembali ke awal.
    Kenapa ya? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama bang kyk saya,cara ngatasinnya gimna tapi sya pengguna gt940m

      Delete
  8. Setingan yang cocol buat pes 2016 kasih tau apa aja yang di pake gan,soal nya pas sebelum game play suka ada kedap kedip di layar nya

    ReplyDelete
  9. gan emang di asus a455ld ini total available graphics memory nya 256, terus kalo di coba buat main battle field 4 kuat ga gan ? mohon balasannya

    ReplyDelete
  10. Kalp ga work,Udah setting udah restore , coba restart

    ReplyDelete
  11. Gan misalkan kok ane ga bisa ya?? padahal ane udh ngikutin semua saran ente tapi tetep sering patah" or hank, kadang juga blue screen, ram ane pakai yg 8gb, mohon saran :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba bersihkan bagian luar harddisk atau bersihkan processor

      Delete
  12. Gan kalo vga nvidia geforce 820m termasuk lowhigh high

    ReplyDelete
  13. Gan, punya saya Nvidia Geforce 920M. Saya ubah settingnya ke High-performance Nvidia Processor. Tapi kenapa ketika saya close dan saya buka kembali settingannya malah balik lagi ke "Auto Sellect". Itu gmn cara mengatasinya ya gan ?

    ReplyDelete
  14. Gan, punya saya Nvidia Geforce 920M. Saya ubah settingnya ke High-performance Nvidia Processor. Tapi kenapa ketika saya close dan saya buka kembali settingannya malah balik lagi ke "Auto Sellect". Itu gmn cara mengatasinya ya gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah gan, dh beres. Trnyta masalah saya kmarin itu saya update Nvidianya ke versi terbaru, tapi saya blom uninstall yang lama, jd ketimpa gtu sama yg lama.

      Delete
  15. Coba ynk make vga nvidia tambahin aplikasi performa nvidia. Bisa lebih josss gan dosss gan.

    ReplyDelete
  16. Coba ynk make vga nvidia tambahin aplikasi performa nvidia. Bisa lebih josss gan dosss gan.

    ReplyDelete
  17. gan apakah dengan processor core i5 nvidia mampu ga,untuk game GTA V....

    ReplyDelete
  18. MAU tanya gan..ane maen sedikit patah patah klo 8 vs 8 full
    Spesefikasi komputer

    Processor : Core two Duo 2,4 ghz
    VgA : GT220 GDDR3 128 Bit
    Ram : 2 Gb
    Hardisk : Sata

    ada yg tau masalah nya dimana / harus upgrade atau setting nya



    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang maen game apa?? Saya waktu pke 220.. Maen COD MW 3 + Black Ops 2 + Battlefield 3 Lancar kok. Asal settingan Very Low aja..

      Delete
  19. Nvidia GT540M bisa pake setting an di atas gak

    ReplyDelete
  20. Informasi yang berguna banget, gan. Soalnya ane masih awam pakai VGA Nvidia dan pakainya di laptop yang 2 VGA.

    ReplyDelete
  21. Misi gan ane ikuti cara yg di atas pakai Nvidia GeForce 210 buat main PB work mantap ,trus ane ganti VGA itu yg GT 9600 ane ikuti cara di atas kok masih lag ya gan ,apa penyebabnya itu gan ? Terima kasih sebelum nya ...

    ReplyDelete
  22. Gan mau nanya.. Kalo buat settingan nba 2k17 gmn yah biar maknyus... Saya pake asus x550 vx.. I7 ,8gb , gtx 950

    ReplyDelete
    Replies
    1. main pes 2016 lag kaga om? punya ane kadang cuma dapet 30fps kadang 60,itu jenapa yaak?

      Delete
  23. ane mau nanyak ni kan laptop ane intel i3 Nvida 820m
    tapi kalo maen game lost saga suaranya kontak-kontak dan patah-patah

    mohon infonya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau suara biasanya bukan masalah di VGA gan. Apa cuman di LS aja begitu, apa game yg lain jg begitukah??

      Delete
  24. Gan..kok jadi Lag sih??kalo buka game "DRAGONEST" Lag banget.. Gambar patah".. Kenapa yah??

    ReplyDelete
  25. Saya main pb pake laptop tapi kalo tanpa di charger gambarnya bergeter. sendangkan kalo d colok (sambil charger) dia mulus banget nvda laptop saya gtx 850M,RAM 4GB. mohon infonya kenapa

    ReplyDelete
  26. Gan saya udah ikutin cara di atas tapi setelah di apply trus close malah balik lagi ke auto select đŸ˜‚gimana gan ada saran tidak ?

    ReplyDelete
  27. om mau nanya kok laptop ane klo main pointblank ngelag ya? tpi klo main PES 2017 lancar tanpa patah-patah itu juga ane setting grafiknya medium. Masalahnya apa ya om?

    ReplyDelete

1. Silahkan tinggalkan komentar yang sopan dan sesuai dengan pembahasan.
2. Jangan pernah meninggalkan komentar yang mengandung Link aktif.